Monday, November 28, 2011

Jazirah Arab adalah sebuah jazirah (semenanjung besar) di Asia Barat Daya pada persimpangan Afrika dan Asia. Perbatasan pesisir jazirah ini adalah: di barat daya Laut Merah dan Teluk Aqabah; di tenggara Laut Arab; dan di timur laut Teluk Oman dan Teluk Persia. Secara politik, Jazirah Arab terdiri dari negara-negara berikut ini: Arab Saudi, Kuwait, Yaman, Oman, Uni Emirat Arab, Qatar dan Bahrain. Secara geologi, daerah ini lebih tepat disebut Anak Benua Arab sebab memiliki plat tektonik tersendiri, Plat Arab.
Negara Arab Saudi meliputi hampir seluruh Jazirah Arab. Kebanyakan penduduk jazirah ini tinggal di Arab Saudi dan Yaman. Jazirah ini mengandung sejumlah besar minyak bumi dan merupakan tempat kota suci Islam, Mekkah dan Madinah, keduanya di Arab Saudi. Uni Emirat Arab dan Qatar merupakan tempat stasiun televisi berbahasa Arab utama seperti Al-Jazeera.
Secara geografis, jazirah ini terdiri dari: plato tengah dengan padang rumput untuk ternak, dan lembah subur; cincin gurun, Nefud di utara, berbatu, Arab Besar, pelengkap Sahara , di selatan, berpasir, dikatakan sedalam 600 kaki, dan Dahna antara; danterbentang dari tanah pesisir, umumnya subur di barat dan selatan.
Arab tak memiliki danau atau sungai, hanya wadi, paling sering kering; iklim menjadi panas dan gersang, tak berhutan, dan oleh karena itu sedikit binatang liar; negara perdagangan tanpa jalan atau jalur kereta api, hanya rute karavan, dan dari agama Islam yang telah menjadi petunjuk hidup pada ribuan manusia yang tersebar luas selama sekitar abad ke-13 hingga ke-14.

No comments:

Post a Comment