Tuesday, November 29, 2011

Nikola Tesla

Nikola Tesla (10 Juli 1856 – 7 Januari 1943) adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika dan teknisi listrik di Amerika Serikat.
Tesla dianggap sebagai salah satu penemu terpenting dalam sejarah dan merupakan salah seorang tenisi terbesar dalam akhir abad ke-19 dan abad ke-20. Tesla merupakan seorang perintis elektromekanika tanpa kabel dan daya listrik. Ia keturunan Serbia dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1891 saat bekerja di negara tersebut.
Paten Tesla dan kerja teorinya merupakan dasar dari daya listrik arus bolak-balik (AC) modern termasuk distribusi dayapolyphase, dan motor AC, yang ia umumkan pada Revolusi Industri Kedua. Setelah pendemonstrasian komunikasi tanpa kabel pada tahun 1893 dan memenangkan "Perang Arus, Tesla dianggap sebagai salah satu teknisi listrik Amerika Serikat yang terhebat.
Tesla dengan simbol T adalah Satuan Internasional (SI) dari intensitas magnet, pada konferensi CGPM (Conference Generale des Poids et Mesures) di Paris pada tahun 1960, satuan ini diberi nama untuk menhormati penemunya dari Serbian-Amerika yaitu Nikola Tesla, dia seorang ahli listrik yang memberikan kontribusi penting pada bidang keelektromagnetan.

No comments:

Post a Comment