Sunday, November 27, 2011

Asal Mula Kata "Sepeda"

Sepeda berasal dari kata dalam bahasa Perancis "velocipede". "Velo" artinya cepat dan "pede" artinya kaki, jadi "velocipede" artinya kaki yang (melangkah atau mengayuh) cepat. Pada waktu ditemukan bentuk sepeda adalah dua roda yang dihubungkan dengan link dan pengendaranya melajukan sepeda dengan kayuhan kaki pada tanah.

Sepeda diperkenalkan pertama kali tahun 1817 oleh Baron von Drais (Jerman). Saat itu hanya orang Perancis yang menyebut Draisiene (sepeda yang ditemukan Drais) sebagai "velocipede". Kata "velocipede" sendiri diakui di luar Prancis setelah hampir 50 tahun kemudian, ketika bentuk sepeda dengan roda depan lebih besar dari belakang dan sudah memakai pedal yang langsung menempel di sumbu roda depan.

Sampai saat ini orang Perancis masih menggunakan kata "velocipede" untuk sepeda, atau menyebut bagian depannya saja, yaitu "velo". Sekitar tahun ditemukannya sepeda itu, Napoleon Bonaparte menguasai nyaris seluruh Eropa. Sehingga banyak istilah Perancis yang digunakan di Belanda, yang kemudian sampai ke Indonesia. Lain dengan orang Perancis yang menyebut suku kata depannya saja, yang diambil orang orang Indonesia adalah suku kata belakangnya saja dan dari "cipede" menjadi "sepeda".

No comments:

Post a Comment